Sunday, May 11, 2014

Wisata ke Supermarket Sehat

Mau wisata yang seru dan gratis disini? Yaa jalan-jalan ke supermarket hihihi .Secara Amerika bukan Indonesia # yang bilang sama sapa cobaa?? Maksudnya tuh kan disini negara multikultural dan juga makanannya beda sama yang dijual di Indonesia, bahasa kerennya gumun, ndeso ,jadi jalan-jalan ke supermarket lumayan seru buat aku daripada bosen dirumah, Masuknya gratis dan ga perlu beli karcis #tapi keluarnya bayar lebih mahal daripada tiket masuk karena jadi pengen beli macam-macam haha.

Ini salah satu supermarket favoritku namanya Trader Joe.  Disana banyak jual barang barang organic dan yang natural alias sehat. Supermarketnya sih ga segede supermarket yang lain malah cenderung kecil, Tapi lumayan komplit. Yang bikin aku sering kesini sih berburu tempe n gula jawa # Gaya banget yah cari tempe nya di supermarket keren. Makanan simpel murmer di Indo disini naik pangkat jadi barang langka dan mahal..

Disini tempe lagi ngetrend sebagai salah satu “Super Food” dan sumber protein nabati terutama buat para vegetarian. Disini disebutnya “Tempeh” (pake H). Di Supermarket Asia malah jarang liat tempe deh. Cuma tempenya disini sih uda versi bule, di dalem tempenya ada campuran campuran beras putih,dan biji bijian, jadinya kalo digoreng suka berasa” kletuk kletuk” kalo dimakan karena berasnya masih keras tapi kalo dibikin kaya tumisan atau lodeh ga berasa karena beras nya udah matang. Tapi yahh mending deh ada tempe daripada ga sama sekali. Dulu jaman aku baru datang kesini jarang banget supermarket yang jual tempe adanya Cuma di Whole Food supermarket kalo ga salah dan mahal pula ukuran 10 x 10 cm dulu dijual ampir $4. Pas Hamil sempet ngidam tempe tapi pas dimasak ,weksss ga enak sama sekali jadi kedelainya keras banget kaya masih mentah dan teksturnya kering, Jadi mengingat betapa ga enaknya tempe jaman dulu sama yang sekarang di Trader’s Joe yah udah lumayan banget, paling ga sekarang paling ga 1 minggu sekali makan tempe. Harga tempe disini $2 /piece, Coba kalo di Jogja dapet 1 tas kresek tuh beli tempe Rp. 22,000. Ampe blenger dah makan tempe.

TempeH, The New Super Food


Aku suka banget suasana supermarketnya, temanya tuh kaya tradisional market jadul gitu, kaya di West Yurep gitu # Sok tau kesana aja lom pernah:D, Pokoknya keren aja settingannya Vintage gitu deh bingung mau jelasinnya gimana, pokoknya suasananya hangat mengundang #mengundang orang pengen beli macem macem :D,


Suasana Supermarket yang "Hangat dan Mengundang:D"
Snacks dan Coklatnya juga unik unik selain dari berbagai Negara juga tersedia coklat organic # Bener bener chocolate haven buat aku penggila coklat, harus punya gambar timbangan berat badan nih kalo mau beli coklat liat dulu gambar timbangannya haha
Siapa yang inget berat badan kalo liat yang ginian??


Koleksi coklat dari berbagai negara
Coklat Obese:D

Mereka punya brand sendiri kaya kalo di Indonesia supermarket kaya Carrefour, Hero gitu kan punya merk mereka sendiri dan biasanya yang dijual lebih murah daripada brand yang lain walopun mereka punya brand sendiri tapi harganya juga ga lebih murah daripada brand terkenal terus packagingnya itu bagus bagus banget jadi barang yang dijual itu keliatan menarik. Kalo diibaratin sebagai cewek itu cewek bermake up jadi ceweknya keliatan cantik dan mengundang # mengundang ehem ehem…jadi nglantur dah hahaha. Beginilah penulis amatir dan sangat tidak professional, ngeliput supermarket jadi ke cewek cantik.. Intinya tuh bagus bagus deh barang barangnya dan buat aku yang ndeso ini kepengen dicicipin dan dibeli semua:D #papahnya Briel lagi mumet megangin kartu kredit.


Cantik cantik ya Packagingnya?
Walopun kecil supermarketnya  tapi ada tempat khusus namanya pos icip icip #itu bahasaku sendiri yaa, jadi ada satu sudut dimana customer bisa nyicipin salah satu produk yang mereka jual hari itu pas aku dateng mereka lagi jualan sosis yang udah dibumbuin plus minumannya kopi. Ehh pas diliat liat kopinya ternyata dari Jawa loh, tepatnya dari pegunungan Ijen # Bangga jadi orang Indo, tempe, gula jawa, kopi ternyata dikenal di Amrik.
Ada satu lagi liputan unik, disini minyak kelapa juga dan VCO (Virgin Coconut Oil) juga lagi trend disini, ada yang dibikin lotion , krim wajah juga, malah ada yang bilang lebih bagus daripada olive oil kalo buat urusan goreng gorengan karena katanya lagi minyak kelapa disebut sebut titik panasnya paling tinggi, jadi dengan kata lain ga jadi minyak jenuh kalo buat goreng.. Ga tau betul apa ga, soale teori yang beredar macem-macem sih..
"Pos Icip Icip"
VCO


Kopi dari pegunungan Ijen
Yang lucu tuh... apa bodo yaa opps maaap:P..Banyak orang Bule tuh ga tau Indonesia dimana padahal Negaranya segede Bagong di Katulistiwa, Tapi kalo bilang Bali ehh pada tau malah pernah ada yang bilang gini,” So..Indonesia is in Bali??” #Gubrak Mak Gedebugg dah..Terus di lain kasus kalo mukanya tampang bingung pas aku bilang dari Indonesia aku langsung bilang “ You know Singapore?” Biasanya pada manggut manggut walopun aku yakin letak persisnya dimana. 
Terus aku bilang lagi ” Indonesia is a big country right below Singapore.” Terus kalo ketemu orang itu lagi ngobrol ngobrol dia suka Tanya gini,”……you’re the one from Singapore right??” #Gubrak maning, cape dehh Bunee...

Mereka juga lumayan jual makanan Asia siap saji yang bule lumayan kenal dan udah dibekuin (frozen) salah duanya #soale aku ga sebutin Cuma satu haha: yaitu dumpling (kuo tie) sama lumpia. Aku pernah beli lumpianya lumayan enak , angetinnya tinggal di masukkin oven aja. Yang eye catching itu mereka kasih nama lucu lucu. Lumpia yang aku beli mentang mentang makanan Chinese mereka tulisnya” Trader Ming Spring Roll”, Plesetan banget!
Selain Makanan Chinese makanan asia lainnya yang mereka jual itu makanan India, ada samosa, ready to eat aneka curry, tikka dll.. Makanan mediteranian juga banyak ,Aku lupa fotoin ntar deh ya update kalo pas kesana lagi, Tunggu tempe abis hahaha #Jadi punya angan angan, Kapan yaa makanan Indonesia mendunia kaya makanan Asia yang lain, padahal makanan Indonesia enaknya pecah kan sodara sodara??Yang setujuuu ayoo manggut manggut..! 
Makanan yang mereka jual kebanyakan natural dan organic, mereka mulai banyak jual ham, bacon sosis dll yang bebas Nitrate (pengawet) yang bisa bikin kanker,. Makanan proses dan kalengan terutama kornet, luncheon ( Ma ling ) itu banyak pake nitrate ternyata, jadi kalo belanja yang jelalatan yah permirsa, dibaca label makanannya, kandungan gizi, sodium, bahan bahan pengawetnya dll, apalagi yang punya anak kecil, sangat amat disarankan buat jelalatan liat produk produk supermarket #jelalatan is good!
                         
Ga salah kan aku kalo semua jadi pengen dicobain?

Say Cheeesee!
                           
Healthy Fresh Foods
Aneka Salad Dressing

Ham dan Bacon Tanpa Nitrate

Pemanis Natural dengan proses minimalis

Buat anak anak supaya ga boring nemenin mamanya belanja di supermarket disediain troli belanja mini jadi si anak yang suruh dorong terus ada tulisannya “ Customer in Training” lucu yaa..?udah kepikiran Briel pasti seneng deh kalo suruh oping oping (shopping- *diambil dari kamus Bahasa Briel) #ngomong ngomong aku sih dari kecil ga pernah boring kalo disuruh nemenin mama belanja baik ke supermarket atau pasar, abis bisa minta pajak: nagih minta dibeliin snack hahaha. Sayangnya lagi lagi gambarnya kurang bagus, selain pake kamera Hp masalahnya aku zoom dari jauh dah kaya mammarazi deh (aku kan bukan papa haha), terus takut ketauan mamaknya diomelin ntar, dikira mau ngapa2in.
"Customer in Training"
Habis selesai bayar biasanya anak anak dapet stiker lucu lucu
Flyer atau Ktalog belanjanya juga lucu permirsah, Biasanya supermarket kan kasih katalog full gambar plus harga #Kaya blogku ini banyak gambarnya :D, Kalo di Trader's Joe katalognya bener bener dibikin vintage jadi kaya selebaran koran jaman dulu. Barang barang yang di promoin di tulis ga pake difoto.
Katalognya Vintage
Kalo kaya frozen pizza dan makanan bule yang lain ga usah ngomong yaa, di semua supermarket disini pasti jual hehehe. Tapi demi kepuasan penonton tetap aku abadikan cieee..Demikianlah liputan jalan jalan ke supermarket hari ini kita bertemu lagi di supermarket selanjutnya hanya.. di mamanyabriel.blogspot.com hahaha
Pizza Hut?? Ga kenal tuh:D

Keren ya "Fresh" Basilnya di tempatin gini


No comments:

Post a Comment