Thursday, May 22, 2014

Sup Ayam Angkak ( Gyuk Dong)

Kemarin karena sibuk (baca: sok sibuk) jadinya rada keteteran plus males mau masak apa, kalo udah gini keluarin resep sakti favorit keluarga: Sup Ayam Angkak!, Kalo aku bilangnya sih Gyuk Dong (dari Bahasa Hakka). Bumbunya super simple, bikinnya super gampang, terus makannya super cepet..cepet abis maksudnya..Yung pas aku masakin ini pertama kali juga langsung doyan banget, Bahkan anakku Briel waktu dulu dia udah mulai makan nasi pas kira-kira umur 1 tahunan dia suka banget sama sup ini, padahal dia lumayan susah dan milih-milih kalo makan, makanya sampe sekarang mungil badannya tapi jangan ditanya tenaganya..Biar mungil tapi tenaga baterai Duracell gada habisnya lari kesana kesini #tepok jidat maknya..Dan ayam ini juga jadi salah satu “tonik” pas aku abis lahiran karena angkak diketahui bisa untuk menambah darah. Kalo diliat dari fotonya sih ga menarik banget, tapi rasanya seger gurih enak, inner beauty banget pokoknya ini sup. apalagi aku bikinnya kemaren untuk menu makan malem dan seperti biasa diburu-buru alias ga bisa foto-foto jadi fotonya seadanya aja ya? Nanti kalo pas masak lagi pas siang hari, aku update fotonya yang cakepanJ

Sup Ayam Angkak (Gyuk Dong)
Porsi: 2-4

Bahan
4 potong ayam kampung ( terserah boleh bagian apa aja sesuai selera)-aku pake paha bawah dan dada
1 sdm Angkak, cuci bersih tiriskan
600ml air
1sdt garam (secukupnya sesuai selera)
sejumput gula pasir

Cara Buat
Cuci Bersih ayam, buang lemak dan kulitnya ( kalo suka kulit boleh dimasak sekalian).
Masukkan di slow cooker, beri air dan garam. Masak sampai empuk.

Kalo ga ada slow cooker, masukan ayam di mangkok/baskom tahan panas, Tim sampai empuk. Sajikan panas-panas

No comments:

Post a Comment