Thursday, May 8, 2014

My Super Book

Kawan, pernah ga gara gara suatu cerita bikin kamu ga mood sepanjang waktu..terutama soal orang yang nyebelin dalam kehidupan kita? Itu yang terjadi hari ini sama aku, Abis denger cerita, langsung deh moodnya kacau, bête bin senep sepanjang hari. 
Masalahnya kok karena dia sering bikin kekhi jadinya impressinya udah jelek banget di mataku. Kata temen temen ya wes diampuni , people make mistakes, tapi oh tapi udah dilupakan yang dulu, ehh bikin kekhi edisi terbaru lagi? Musti gimana dong?Masalahnya buat aku sama dia juga istilahya tutup dosa gali dosa, dia dosa nyakitin bikin sebel, dan aku ya dosa jadinya menghakimi dan ga damai #Orangnya ga usah disebut deh ya tambah rame ntr ceritanya:D . Gara gara denger cerita tadi seharian masih ga mood paling ngga sampai hari ini deh. Apa aku hepi permirsah bisa maki maki dia? Ternyata ngga loh, kadang kita berpikiran kalo orang buat jahat sama kita kita smash (bukan grup music Abg itu yee), pake kata2 makian , kita berpikir bahwa kita bakal puas..Tapi ngga loh, buat aku jadi tambah geregetan! Karena somehow somewhat kalo orang yang udah dari sononya nyebelin bin njelehi kata orang jawa dan berharap dia bakal berubah baik dengan cepat..hmmm tunggu kucing pake sarung deh #Menurut tuduhanku sih gitu karena kok kayanya dari dulu ga pernah ada tanda tanda berubahhh! #kamen rider mode on. 
Pernah ni aku udah panjang lebar muntahin semua unek unek aku ke dia, diperinci apa yang dia udah pernah nyakitin  blab bla bla…Smsnya ampe panjang sepanjang karangan blog aku ini. Bisa Tebak apa yang terjadi? Jawab dari pidatoku yang panjang lebar itu tadi cuman dijawab ala telegram yang bayarnya diitung per huruf “ OK, Thank you udah kasih tau titik”. Tidak sepotong kata maaf pun keluar. Kesel sendiri kan jadinya? Sama sekali ga dianggap..Hmmphhh ya sudahlah..Biarlah kesel ini kusimpan di dalam hati saja #ala sinetron..
Eeh…enak aja mana bisa begitu??? Nyimpan duit boleh dan di sarankan banged, dimana celengan bagongnya bocor terus, tapi kalo nyimpan kesel?? Oh tidakkk! terima kasih,kamsia,matur nuwun.. bikin makan ati ajah nyimpen bete..Huh..

Jadi disaat kaya gini, disaat ga dianggep dan tersakiti #dramanya kumat..biasanya panduanku itu ya My Super Book alias Alkitab. Kalo ditanya “Lus ayat alkitab yang bicara soal pengampunan itu kitab apa dan ayat berapa ya?” Pasti dengan yakin aku jawab…” Mbuh.. ra reti ( terjemahannya: tau gelap, ga punya senter):D” 
Malu hati ini jadinya karena diriku bukan orang yang hafal dan rajin baca Alkitab. Tapi disaat saat ga enak kaya gini dan butuh “penduan” biasanya aku Tanya Alkitab. Caranya?? Sebelum buka alkitab aku berdoa dulu yang intinya aku butuh bimbingan Tuhan untuk melewati masalah, terus aku buka aja “ sembarang” halaman, Dan Voilla…dapet loh petuah dari Tuhan kaya hari ini misalnya aku dapet beberapa ayat sekaligus malah..
The Super Book

Superbook aku hasil "jarahan" , toh sama empunya udah ga dipake dan sampul depannya hasil di robek Briel lagi..



Pertama dari Kisah Para Rasul 28: 27 Sebab hati bangsa ini telah menebal dan telinganya berat mendengar dan matanya melekat tertutup; supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya; lalu berbalik, sehingga Aku menyembuhkan mereka”

Kedua dari Roma 2:1 Karena itu hai manusia siapapun juga engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah.Sebab dalam menghakimi orang lain engkau menghakimi dirimu sendiri….. terus lanjut ke Roma 2: 6-8: “ Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya, 7.yaitu hidup kekal kepada mereka yang bertekun dan berbuat baik, mencari kemuliaan, kehormatan dan ketidakbinasan 8.Tetapi murka dan geram kepada mereka yang mencari kepentingan sendiri yang tidak taat kepada kebenaran, melainkan taat kepada kelaliman.

Ketiga..Mazmur 41: 13 Tetapi Engkau menopang aku karena ketulusanku, Engkau membuat aku tegak di hadapan Mu untuk selama lamanya”

Keempat...# Wuihh hari ini borong ayat Alkitab:D, Mazmur 43: 5Mengapa engkau tertekan hai jiwaku dan mengapa engkau gelisah didalam diriku? Berharaplah kepada Allah! Sebab aku bersyukur lagi KepadaNya, penolongku dan Allahku.”

Hebat yaa kali ini hafal ayatnya , Bo'ong deng, hasil nyontek juga #Alkitab disamping laptop hahaha
Intinya pas aku buka ayat2 ayat itu sepertinya dapet wangsit, dan tegoran juga dari Tuhan..Pelajaran yang aku dapet: Siapa aku sih yang berhak menghakimi??Klo aku menghujat sama aja aku dosanya sama orang itu kan?Kalo Aku mau mendengarkan Tuhan, mengampuni, Tuhan pasti "menyembuhkan" hatiku jadi aku ga bebal oleh kebetean. Terus, Tuhan itu yang ngatur semua pembalasan,yang baik atau pun yang buruk  Dan terakhir, Tuhan mau aku bersandar dan berpegang padaNya. Gitu kira kira yang aku tangkep #Betul ga Mo?(Siapa tau ada Romo yang baca blog aku hihihi)
Ini bukti aku ga asal nulis ayat:D
Ada yang penasaran ga darimana aku belajar soal tebak gambar alias cara buka alkitab? kalo ga ada ya wis hahahaha. Aku belajar dari mamaku permirsah! Dari kecil sering liat mama buka alkitab dengan cara ini tapi ya heran kok udah bertaun taun mama masih ga hafal ayat2nya hahaha . Ga semua “working” dengan cara seperti ini loh apalagi kalo aku pas doa sebelum buka alkitabnya doanya ngambang rada asal2an..Dapet ayatnya yaa yang asal asal an juga alias ga mudeng hehehe, Kalo pas dapet gitu biasanya aku doa lagi dan bilang “ Sorry Tuhan, aku ga ngerti ayat yang diberikan tolong beri aku ayat yang aku ngerti Tuhan.” Asli,  in my prayer aku bilang persis kaya gitu,kaya doa anak anak kecil yaa tapi emang kan kita ini anaknya Tuhan hehe…Terus biasanya sih dapet juga yang bisa aku ngerti..
Pernah juga buka Alkitab yang bikin aku Amazed banget. Biasanya kan kalo buka alkitab kalo lagi ada masalah (biasanyaaa lohh tapi ga selalu cari Tuhan kalo ada masalah tok:P). Pernah aku lagi ada masalah berat. Secara ga langsung aku dapet ayat “Allah akan melakukan sesuai perbuatanNya yang ajaib” sampe 3x loh tapi ga langsung pada saat itu juga, Dalam beberapa hari gitu ,masih dengan masalah yang sama dan lagi galau ceritanya aku “ngadu” sama Tuhan ... eh kok ndilalah dapet ayatnya itu. Terus yang ke3x nya malah aku yang mbatin Apakah aku bakal dapet ayat itu lagi dan aku buka "sembarang" halaman alkitab. Tuhan sungguh luar biasa..ee yaa eee permirsah dapet ayat itu lagi ! walopun beda pasal (kan kadang ayatnya intinya sama Cuma di kitab yang lain). Tuhan Memang Luar Biasa!!..Setujuu?
Terus ada kejadian lucu yang ada hubungannya sama My Super Book. Ceritanya gini , duu waktu aku lagi doa di gereja pas sore sore aku jadi kenalan sama pak koster (petugas yang mengatur kebersihan gereja), ngobrol sana ngobrol sini terus dia cerita kalau lagi galau juga,anak istrinya tinggal terpisah dikota lain sama dia karena kalo bawa ke Jogja (waktu itu aku di jogja) ga cukup buat biayain sekeluarga dia, Terus juga lagi butuh biaya buat anaknya mau masuk SMP. Dan kebetulan aku lagi bawa duit sedikit, terus aku kasih dia , dalam bungkusan amplop tapi aku ga ngomong apa apa, dikiranya mungkin kertas doa, karena aku juga lagi taro kertas doa di gereja itu #Bukan lagi ngomongin aku pamer bantu orang yaa, ntr malah ga jadi berkat hahaha.. 
Pas aku  ke gereja itu lagi dan ketemu dia, dia bilang kaget ga nyangka kalo isinya duit dan bisa buat bantuin beli buku anaknya. Padahal ngasihnya dikit tapi dia terima kasih terima kasih terus, sampe sekarang kalo aku ketemu dia juga masih baik banget  padahal udah beberapa taun #ngeliat gini aku tuh berasa orang orang kaya pak koster ini bener bener orang yang punya ketulusan tanpa mikir status dan materi. 

Kembali ke super book, namanya juga manusia kan teman..Malaikat disebelah kiri nih (namanya malaikat buser waspada), Dia mbisikin ke telingaku..” Eh Lus..tu pak koster jangan jangan nipu elu..pengen cari simpati lu, supaya lu bantu dia..” 
Kepancing lah sisi manusiaku #emang ada sisi dewanya apa??Hahaha.  Dalam hatiku, “ Ehh iya juga ya..kok tau tau dia jadi ngomongin kegalauan dia sama aku, kan baru kenal dan itu cerita dia juga sapa tau bikin bikin supaya dapet simpati.” #.biarpun nyumbang dikit permirsah tapi kalo buat acara penipuan, tetep senep kan?, 
Terus malaikat sebelah kanan (namanya malaikat think positive) #seru ya malaikatnya punya nama LOL.  ” Ga mungkin lah..kayanya emang lagi butuh kok , tampangnya aja melasi (apa ya Bahasa Indonesianya…memelas gitu deh)..lagian cuman nyumbang segitu aja dibikin galaunya kaya nyumpang duit 1 truk (duit 1 truk juga ga punya haha).” Si malaikat kanan menghibur..tapi tetep aja terjadi debat antar malaikat #kerenn gileee “debat malaikat”…Akhirnya jadi galau sendiri..Aku doa dan buka My Superbook, jawabannya cukup “menampar” dan bikin semua kegalauan aku rontok..Lupa ayatnya permirsah dan lupa kalimat tepatnya tapi intinya bunyi ayatnya gini menurut bahasaku hehehe” Kalo elu udah niat mau nyumbang, udah relain ga usah mikir mikir itu duit mau bakal buat apa, klo digunakan buat yang ga bener toh yang dosa dia, tugas lu udah cukup, bantu dia titik” gitu deh permisah..Degg lansgung diem ce cheng (sewu) aku ga mikir  lagi mau buat nipu kek apa kek terserah yang penting aku ga bikin dosa.
Hebat yaa My (Yours too, may be^^) Superbook..Sekarang I feel better setelah baca superbook (paling ga untuk saat ini). Aku sih sadar kalo bête kesel yang rugi diri kita sendiri walopun orang lain yang nyebabin kita bête, yang nyakitin kita. Dan hati rasanya ga ada damai sejahtera dan jadi lupa bersyukur dengan sekeliling kita. Tapi ga bisa dipungkiri sisi manusiawi kita kadang masih mengingat luka lama #cieeee puitis kali.Jadi Selain panduan superbook aku juga doa mohon sama Tuhan supaya dihilangin tota rasa kesel ini #kaya lirik lagu ajah..Supaya lega dan happy..It’s great to be Happy isn’t it??
Teorinya gini dan prakteknya susah, tapi aku tetep berusaha..Yoshhh!

No comments:

Post a Comment