Tuesday, May 20, 2014

Fruit Pie Debus Efek Beling

Beberapa Hari ini sibuk mulu ga tau juga sibuk apaan tapi kok ya ga sempet-sempet ngeblog, Ndilalah #apa ya Bahasa Indonesianya? Ada aja yang kudu dikerjain..Terus kalo weekends seperti biasanya lebih susah lagi ngeblog karena Yung dirumah, terus weekend ini terutama selama bulan Mei kita ada acara Doa Rosario bersama jadi setiap hari Sabtu pasti dirumah…orang lain haha, Dan biasanya abis acara doa, langsung di hajar belanja mingguan ke Supermarket terus ke gereja sorenya. Jadi “kewajiban” udah selesai semua di hari Sabtu? Terus Minggunya??..Minggu Biasanya Bangun siang hihihi dan begitu ucek-ucek mata si Ibu ini harus masak buat siang dan tau-tau udah minggu sore aja, terus kudu siapin dinner n bekal buat hubby ke kantor . Ya Wes ga ngeblog lagi.

Kemaren Rina sodaraku lagi heboh fruit pie ihh jadi kepengen juga apalagi setau aku disini ga ada yang  jual gitu-gituan dan belum pernah bikin. Mau bikin weekdays yang makan cuman berdua,bukannya ga abis kita berdua si termasuk golongan pelahap,  cuman mengingat berat badan plus jaga kesehatan aja, Jadi ajang prakteknya ya pas kalo ada acara perkumpulan gini sama temen-temen Indo, karena biasanya kita Pot Luck bawa makanan.

Resepnya sih aku dapet dari Mbak Hesti-workofart cuman ga ngikut persis karena emang ga siap bahan jadi ada beberapa yang aku ga ikutin. Tapi jadinya menurutku loh..enak-enak aja..
Aku ga punya cetakan pie yang keriting-keriting aku adanya cetakan bulet biasa jadinya 1 resep itu cuman jadi 23 biji, kalo Rina nyontek dari resep yang sama katanya jadi 26 biji. Mungkin juga bentuk cetakannya mungkin juga diameter cetakannya beda, Jadi punyaku cuman jadi dikit.
Topping buahnya aku pake yang lagi musim aja, kalo diresep kan bilangnya pake fruit cocktail kalengan tapi karena lagi musim strawberry n mangga aku pakein itu aja .Tadinya cuman mau 2 macem aja tapi kok kurang seru dan berwarna dan kebetulan ada kiwi di kulkas ,kiwinya sih terpaksa ngirisnya tipis-tipis irit karena cuman punya 2 biji haha. Kalo efek belingnya itu juga accident. Ceritanya sembari nata buah di pie aku rebus dulu agar-agar plus air buat glazing na pas lagi asik nata buah ehh agar2nya udah keburu beku dan mungkin juga karena aku taro perbandingan agar-agarnya kebanyakan jadinya bener-bener kaku tuh agar-agernya sempet mau dimakan aja tapi pas diliat ehh kayanya keren deh disisipin ke pie aja..Maka jadilah fruit pie debus pake beling:D

Fruit Pie
Porsi: 23 cetakan pie diameter 6.5cm


Bahan
150gr Margarin atau Butter (Karena margarinku ga cukup jadi aku pake 75gr margarin dan 75gr unsalted butter-punyanya itu)
300gr Terigu serba guna
3 Sdm gula halus
½ Sdt garam
2kuning telor
5sdm air es
Bahan Isi
600ml air
5sdm Susu Kental Manis ( di resep bilangnya ½ kaleng tapi aku lagi-lagi ga cukup Cuma tinggal 5sdm-an )
60gr terigu ( diresep bilang 30 gr tepung custard tap ga punya jadinya aku dobelin aja terigunya jadi 60gr)
100gr gula pasir
1sdm vanilla cair
2 kuning telor
1 sdm cream cheese
1sdm agar-agar putih + 5sdm air (didihkan untuk glazing)

Cara Buat
Campur Terigu, gula garam, butter aduk rata. Masukkan kuning telur aduk rata lalu masukkan air es sedikit-sedikit aduk rata. Bikin gumpalan besar, bungkus dengan cling wrap masukkan kulkas 30 menit.
Keluarkan dari kulkas, giling pipih dengan ketebalan kira-kira 4-5mm potong dengan ring cutter (besar lingkaran harus lebih besar daripada diameter cetakan) . Masukan adonan lingkaran itu ke dalam cetakan, tekan sampai menyentuh dasar cetakan. Tekan juga pinggir-pinggir adonannya sehingga menempel disisi cetakan. Tusuk tusuk dasarnya dengan garpu supaya dasar adonan tidak menggelembung saat di panggang.
Panggang 180’C (350’F) selama 20 menit atau sampai kecoklatan. Tunggu dingin lalu lepaskan dari cetakan.
Untuk Isi: Campur semua bahan didihkan dengan api kecil sampai kental dan meletup letup. Setalah dingin masukkan ke dalam plastic segitiga (icing bag), lalu isi tiap  crust dengan fla lalu hias atasnya dengan buah-buahan.  Beri lapisan agar-agar cair diatas buah dengan kuas.



No comments:

Post a Comment