Tuesday, May 6, 2014

Watermark (Tanda Air? Noda Air?)

Tau kan temen temen apa itu Watermark di dunia per-blogging- an# halah susah amat nulisnya atau pun dunia per-grafis- an? Watermark itu menurut bahasaku sendiri adalah “Noda” di suatu gambar supaya gambar tersebut ga bisa di pergauli #Bahasanya rusuh nih..Maksudnya supaya gambar tersebut ga bisa di semena menakan oleh orang lain yang bukan pemilik gambar tersebut, alias ga bisa di copas, Bisa si di copas tapi ya itu jadi ketauan kalo itu gambar hasil colongan.
Aku sering baca blog temen temen yang pada kesel karena foto fotonya dicuri oleh blogger lain yang ga bertanggung jawab ,ga cuman foto fotonya, se artikel artikelnya lagi! Walopun aku sendiri belum pernah ngalamin, dengan pede ngakuin karena blog aku blog infamous # yalah gimana mau famous wong jarang update malah sampe lupa passwordnya. Cuman tetep aja kesel lah kalo hasil kerja kita dicolong orang, Ngeblog walopun cuman modal “daily story” kaya aku pengen update tiap hari aja ga bisa #musti nyuci, musti masak, musti lipet baju, musti ngepel pokoke daku ini TOP TKW blogger (TKW merangkap blogger)hahaha
Aku nulis prosesnya ga cepet #emang bukan penulis sihh, nulis harus ada idenya loh, harus pake foto foto biar keliatan menarik  biar keliatan unik biar cuman modal kamera Handphone juga tapi foto harus orisinil menurutku. 
Aku juga suka bĂȘte kalo cari info terutama resep nih sekarang banyak blogger abal abal, ya itu blogger yang artikel dan resepnya hasil copas semua. Dan menurutku malu maluin, nurunin citra blogger Indonesia aja dan juga ga bertanggung jawab, orang lain yang kerja keras mereka main copas terus mentang mentang imu SEO nya tinggi jadi bisa trafficnya di paling depan di Google tapi eh sayang hasil contekan semua #Emang ya nyontek udah jadi budaya Indo huh! lhaa kok jadi emosi dewe iki piye iki piye..

Jadi Watermark bisa berupa apa aja,  bisa berupa gambar, logo, tulisan, tapi gambar aslinya harus masih terlihat jadi bahasa lainnya si watermark ini harus rada rada transparan, kalo ngga malah jadi" nutupi" gambar aslinya kalo watermarknya gede hahaha
Sofar sih aku pake Sotoshop buat bikin watermark, tapi mungkin buat yang praktis sekarang banyak program program simpel yang ada menu watermarknya, malah di beberapa Hp cerdas( Smartphone yoo:D) ada fitur bikin watermark.

Dikarenakan ga sudi foto fotoku di salah gunakan ,berjaga jaga kan ga ada salahnya, #kunci pintu sebelum pencuri lepas, beri watermark sebelum foto di copas #iihh keren juga jadi pantun:D
Ada beberapa foto yang aku taro watermark, tadinya di blog lama emang aku udah taro watermark cuman karena terlalu artistic jadinya malah tambah lama buat ngedit foto, sekarang sih watermark aku cuman tulisan nama blog aku aja, yang notabene juga masih bisa di “utak utik” sama blogger yang canggih, cuman ya please sesama pengemudi dilarang saling mendahui, sesama blooger dilarang saling menggauli....gambar dan artikel lah, (apa cobaaa, pantunnya kacauu…). Kalo mau pake gambar mbok ya minta ijin dulu sama penciptanya, jadi sama sama enak dan ga bikin kasus ya kan? Salam dari Infamous blogger!

Ini watermark standard saya berupa tulisan aja


Watermark yang berupa Logo

Watermark yang berupa gambar
Ini contoh watermark yang bubar, gambarnya ga transparan dan malah terlalu nutupin objeknya:D





No comments:

Post a Comment