Wednesday, May 7, 2014

Tteokbokki

Masih tema Korea Korean nih ceritanya. Kemaren aku bikin Tteokbokki (bacanya nek ora salah loh ya, aku iki wong Jowo haha, bacanya: Tok -bok -gi). Tteok =rice cake jadi “kue beras”nya yang putih putih panjang bahan utamanya. Kalo di Jawa kaya kue tetel/jadah gitu tapi rada hambar # mungkin kalo ga ada tteok bisa diganti jadah yaa...bole dicoba tuh temans.. 
Seperti tipikal makanan Korea pada utamanya tteokbokki ini rasanya pedas tentu saja karena bahan utamanya Gochucang (pasta cabe Korea). Aku ga bilang tteokbokki buatan aku ini original loh# Jelas lah yang bikin wong Indo:D, Kalo selama ini yang aku pernah beli sih rasanya mendekati banget yang aku bikin, Cuman karena belum pernah ke Korea jadi belum pernah rasain yang bener bener asli, walopun pernah beli yang jual orang Korea  tapi kan ga tau itu ori apa ga.#Cita cita nih pengen jalan jalan ke Korea, tapi kapan yaa..:D, ke Korea Cuma buat nyicipin tteokbokki wuihh kerennn
Terus dulu tetanggaku di apartement di Indo adalah suami istri orang Korea, Aku ga kenal sama Suaminya melainkan aku kenal sama…..pembantunya #hahaha terus aku diajarin bikin tteokbokki tapi kok dia bikinnya pake bawang putih dan aku kurang suka versi dia. Yang aku beli sama orang Korea kayanya juga ga berasa bawang putih gitu..Jadi ga tau yang mana yang original. Anywehh lagi lagi bikin versi ala mamanya Briel aja yah…
Bentuk Tteoknya, Putih dan panjang

Tteokbokki
Porsi: 2-3 ( kalo buat snack 3 orang, kalo buat makan 2 orang)



Bahan

300 gr Tteok (kue beras) Dijual di supermarket Korea atau Lotte Mart  , biasanya ada versi fresh atau beku
1 lembar Korean fish cake atau 2 buah sosis iris kecil kecil (aku pake fish cake)
1 batang daun bawang iris tipis
1 lembar kol iris seukuran sop ayam
1 batang wortel ukuran sedang potong seukuran jari kelingking (ga tau bahasanya:D, kalo bilang potong korek api, kekecilan, kalo bilang ukuran kayu bakar gede banget yak)
3 sdm gouchucang saos (kalo mau pedas smackdown kasih 5sdm gouchucang +5cabe rawit ulek)
1sdm gula atau madu ( aku pake madu)
200ml air (kurang lebih 1 gelas)
Kimchi secukupnya *Bole pake bole ngga tapi enakan pake dong
Wijen untuk taburan * Bole pake bole ga

Cara Buat

Panaskan air di wajan masukkan wortel, masak kira kira 5 menit terus masukkan gouchucang aduk rata. Masukkan Tteok, kol, Masak sampai kira kira empuk , masukkan fish cake atau sosis masak sampai saosnya mengental tambahkan gula, kimchi.  Taburi dengan wijen. Siappp dah..” Jal meokkesseumnida- 먹겠습니다 (enjoy your meal) #demam korea, ga tau bener ga terjemahannya, liat di google:D”

No comments:

Post a Comment