Wednesday, June 4, 2014

Kalo Kau Suka Hati Sikut Teman

Sebenernya masalah simpel, tapi kalo kita yang punya ide terus dicontek orang lain jadi betein yaa. Jadi tuh kan ceritanya aku pengen bisa jualin makanan gitu yah lumayan bisa buat tambah-tambah uang pribadi , kadang kan kita pengen punya uang sendiri, pengen beli barang entah itu buat anak or sendiri #tapi modal dari hubi tapi kalo untung modal+untung jadi hak milik, how good is that hahaha. Tapi berhubung tim pencicipnya dirumah cuman satu jadinya sumbernya kurang bisa dipercaya makanan bikinan aku beneran enak apa ga, Jadi biasanya aku tuh kalau bikin makanan-makanan suka bawa ke acara kumpulan orang-orang Indo sama minta pendapat mereka kurang apa #sama-sama untung, aku dapet masukan, mereka dapat jajanan , sebenernya sistem Potluck sih. Dulu tuh aku pernah jualan nasi gudek n somay bandung pas ada acara Agustusan terus ada juga salah satu tante sempet nawarin "proyek" #wuih bahasanya keren bener hahaha, bikin snacks waktu itu mintanya bolu kukus tapi sayang, waktu itu aku ada urusan keluarga di Indo jadi pulang dan lumayan rada lama jadi urusan jual-jualan "terpending". Terus pas balik sini lagi pengen lanjut jualan ehh kok ternyata udah ada yang ndisiki jualan makanan yang aku pernah bikin dimana setau aku dulu belum ada yang pernah bikin buat dijual #setauku loh..jadi ya sudah ga jadi jualan deh, terus sempet ada bikin snacks lain dan rencana mau dijual ehh keduluan lagi dan yang terkini juga kajadian lagi padahal setau aku orang yang jual ini spesialitasnya bukan di makanan yang aku bikin, karena aku cari-cari yang belum ada di "pasaran" cieee #menurutku sih..Kalo mau mikir positif bisa aja ahh ini cuman kebetulan.. tapi kok kalo dibilang kebetulan udah 4-5x berturut turut kejadian yah dan orang yang sama lagi #Entah deh bingung jadinya..
Bahkan di blog aku, kalo aku niru resep or sekedar praktek resep orang biasanya aku juga bilang sebutin dari mana. Soalnya aku ga bisa tuh suruh ngaku-ngaku kesannya ga sportif banged.
Tapi emang ga bisa dipungkiri banyak orang kaya begitu. Ga perduli mau temen mau sodara asal pokoknya diri sendiri yang untung. Hal kaya gini juga kejadian sama tanteku yang buka kantin di sekolahan. Ga tanggung-tanggung loh tau masakan tanteku laku, pemilik kantin sebelahnya persis yang berjejeran langsung jualan makanan yang sama! Jadinya tanteku juga putar otak gimana bikin masakannya jadi lebih enak jualan apa yang unik dan aku ikutan heboh karena aku juga ikutan ditanyain ide-ide sama tante: jualan apa ya yang menarik, yang enak hahaha
Terus juga kejadian contek menyontek ini terjadi sama aku, malah lebih kurang ajar sih dan lebih ga tau malu. Dulu banget pas aku magang di Bridal yang lumayan terkenal di Jakarta ,ceritanya aku disuruh mendesign baju pengantin, selain mendesign aku juga disuruh gambar dari majalah untuk di serahkan ke patten makernya. Na untuk ngebedain yang mana yang designku yang mana yang nyontek majalah jadi gambar yang aku design murni dibawah gambar aku kasih inisial namaku plus tanggal tahun. Sedangkan gambar yang niru plek majalah aku ga kasih inisial nama. Terus selesai magang si deisgner pemilik bridal minta semua gambar-gambar asliku loh, Untung sempet aku fotocopy semua karena buat portfolio pribadiku.
Beberapa bulan kemudian pas aku lagi jalan ke mall Taman Anggrek aku liat di etelase toko dia, aku samar-samar kok designnya familiar yah tapi waktu itu ga yakin apa itu design dari majalah atau design pribadiku. Pas sampe rumah aku bongkar fotocopy gambarku. Yup! dugaanku bener, dia bikin loh model persis dari design pribadiku (karena ada inisial nama di design gambar yang berarti itu design pribadiku). Mau marah loh tapi ga bisa berbuat apa-apa. Boro-boro dapet "komisi" hasil design, ucapan terima kasih aja ga ada, plus magang gratissss ga bayaran uang makan juga ga dapet komplit deh. Walopun dari segi positifnya kita jadi lebih kreatif menciptakan, mencari yang belum ada tapi kalo dicontekin mulu tetep aja ya permirsah senep namanya.. Masih berharap semoga aku salah duga yang soal yang aku tulis diatas sih. Moga-moga aku makin pinter cari celah-celah, bikin makanan unik dan ga keduluan. Amin. Ya sudah aku mau masak aja buat makan malem..Semangat!!

No comments:

Post a Comment